Siapa yang tau Jantung Pisang? Hem, biasanya orang-orang di pedesaan suka sekali mengolah bagian dari pisang ini menjadi makanan yang sangat nikmat.

Dan ternyata jantung pisang juga memiliki manfaat buah yang juga patut diperhitungkan untuk dijadikan menu makanan sehat kita.

Jantung pisang sendiri mengandung karbohidrat , protein, lemak, mineral terutama fosfor, kalsium dan zat besi. Juga memiliki vit. seperti beta karotin (pro Vit. A), Vit. B1 dan C. Selain itu seratnya juga cukup tinggi. Dan semua itu tentunya sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh kita.

Nah, buat yang sedang diet jantug pisang ini bisa jadi pilihan, karena rendah lemak juga memberi rasa kenyang yang lebih lama karena kandungan seratnya.

Buat penderita diabetes juga boleh, karena indeks glikemik (GI) yang ada pada jantung pisang cukup rendah.

Selain itu, kandungan seratnya juga dapat memperlancar pencernaan dan juga mengikat lemak serta kolesterol yang selanjutnya dibuang bersama kotoran.

Jantung pisang juga dapat menghindarkan dari penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan atau mencegah penggumpalan darah. Dan baik jika dikonsumsi oleh penderita sembelit dan ambeien.

Hups, langsung aja deh berikut makanan-makanan yang dibuat dari jantung pisang :











(sumber : kesehatan.kompasiana.com)